Piramida Maya Uang Impian

"Gabung bersama saya dan dapatkan Rp. 1.000.000.000/bulan!". Banyak sekali kalimat pemasaran yang menipu seperti itu di internet, tapi semakin hari semakin banyak yang tertipu dan menipu. Apa sebenarnya yang terjadi?

Referal

Untuk cari uang sebanyak itu mengapa harus gabung? Mengapa harus ajak-ajak? Karena pada dasarnya uang yang mereka dapatkan itu adalah uang milik yang diajak! Dan yang pasti, mereka yang bergabung akan punya tugas yang sama, mengajak! Lihat link url mereka, ada ciri-ciri khusus yang dapat kita kenali. Jika anda amati url yang harus kita klik, maka jelas sekali terlihat pola-pola penggunaan referensi dan id yang mengajak.

Contoh link: www.yangbodohgabung.com/?ref=yangnipu.

Parahnya banyak penipu yang copy-paste begitu saja di forum-forum atau jejaring sosial tanpa malu-malu. Dan lebih parah lagi, ada yang klik... ck ck ck!

Bisnis Penggandaan Produk

Nah ini, bisnis tipu-tipu ala digital dengan menyembunyikan inti bisnis yang sebenarnya. Coba kita lihat. Saya punya secarik kertas yang dilipat rapi dan di dalamnya bertuliskan sesuatu dengan huruf tebal.
'rahasia bisnisnya: fotokopi kertas ini, lipat baik-baik,
lalu jual ke yang lain dengan harga sama'.

Dengan dalih ada rahasia bisnis tertulis di dalam kertas itu, secarik kertas tersebut kemudian berhasil saya jual ke teman saya dengan harga 350.000 rupiah saja . Apa yang terjadi kemudian? Dia masukkan ke internet dan tidak usah memakai fotokopi segala. Sekarang tinggal cengar cengir dia!

Salah Hitung

Sekarang semua orang satu negara ingin coba bisnis gitu-gitu, biar sebulan dapat juta-juta katanya. Padahal kebanyakan web 'ajak-ajak' justru salah hitung. Ini ciri lain yang dapat dikenali. Tabel besar-besar, huruf besar-besar, level panjang-panjang, paling bawah ada tulisan 'Total Sekian X'. Tapi bilangnya di halaman depan: Dapatkan Sekian X per bulan. Penipu kacau. Yang tertipu lebih kacau.

Tanpa Modal

Ditulis besar-besar, ditulis merah menyala, "Tanpa Modal Sepeserpun!". Begitu klik link pendaftaran, ujung-ujungnya bayar juga, transfer sana-transfer sini. Kebohongan pertama yang nyata. Mau dalih bisnis sms, bisnis pulsa, bisnis software uang, bisnis software hosting, bisnis emas, sama saja. Ujung-ujungnya paling-paling disuruh membayar. Dan sistem yang dipakai sama, cari korban! Lihat saja nama websitenya, pasti dibuat semenarik mungkin, tapi intinya sama saja. www.transfersaya.com.

Ada sih yang benar-benar tanpa modal, tapi biasanya anda 'dikadalin'. Sistem yang benar-benar gratis biasanya adalah sistem yang berada di atas sistem yang lain. Kebanyakan memanfaatkan situs Pay To Click dan dikumpulkan dalam satu sistem 'pengkadal'. Misalnya saya join sebuah Pay To Click dan dibayar 300 rupiah (biasanya dalam dolar) jika tampilan iklan saya tiap kali diklik orang. Kemudian saya kemas sedemikian rupa menjadi sebuah sistem baru menggunakan downlevel besar dan penghasilan yang menggiurkan, dan membayar downlevel saya sebesar 75 rupiah saja. Kadal pintar.

Tanpa Forum

Perlu ditegaskan bahwa penipu tidak akan pernah berani memasang fasilitas forum di situs web-nya karena pasti banyak yang marah-marah. Paling-paling ada model testimonial, tapi kemungkinan besar kita tidak bisa ikut mengisi, soalnya pasti diisi sendiri sama penipunya biar terlihat seakan-akan programnya bagus. Penipu juga tidak akan pernah berani memasang nama, alamat, dan nomor telepon secara lengkap. Lihat saja, member/tamu yang ingin menghubungi harus isi form yang tidak jelas siapa penerimanya. Atau paling-paling email gratisan. Webnya juga. Yang amatir biasanya akan memakai blog gratisan. Yang sudah tahu hosting juga akan mengambil paket paling murah. Lihat saja halaman web ajak-ajaknya, paling-paling cuma satu halaman. Isinya juga paling-paling hasil copy-paste milik yang mengajak. Atau cuma generate dari software hasil copy yang dibeli dari yang mengajak. Katanya juta-juta per bulan?

Tanpa Pemilik?

Kalau kita harus ajak-ajak orang lain, berarti ada yang ajak-ajak kita. Ia pasti berada paling ujung atas dari piramida di tabel-tabel sistem yang ia tawarkan. Cara mengetahuinya adalah dengan mengakses nama websitenya saja, dan hapus embel-embel referalnya.
  • Link ajak-ajak: www.yangbodohgabung.com/?id=korbanajakajak
  • Link empunya: www.yangbodohgabung.com

Pay Per DoSomeThing


Kalau ini bisa dikatakan lebih halal. Kita dibayar untuk melakukan sesuatu. Entah itu klik iklan, balas email, kirim artikel, membahas produk, menjawab survei, blogging. Yang jelas kita dibayar sebagai target pemasaran mereka. Dan bayarannya biasanya sangat-sangat kecil. Untuk menaikkan bayaran mereka diharuskan cari orang lain dan dari setiap orang yang diajak akan dijanjikan akan mendapat komisi dari apa-apa yang dilakukan orang ajakannya. Sistem ini sangat cocok bagi orang yang punya banyak waktu luang dan ingin menyia-nyiakan umur produktif mereka daripada membangun bangsa.

1 komentar:

Tanggapan anda?