Spatial Reading

Sudut pandang lebih dari 90 derajat, sudut fokus lebih dari 1 derajat. Membaca cepat. Baris demi baris. Jika satu baris memakan tempat di mata sampai 1 derajat, maka memang itu optimal. Tetapi kebanyakan kasus pembacaan, 1 derajat mampu menampung hingga 3 baris. Kurang optimal.

Sedari kecil program menulis dan membaca diparadigmakan mengikuti baris demi baris, padahal sudut fokus dan sudut konsentrasi dapat dibiasakan lebih besar dengan latihan membaca 3 baris-3 baris, hingga otak mampu memahami. Bayangkan tulisan kanji tiga tingkat dan belasan coretan mampu dibaca sepintas bagi yang terbiasa. Sudah seharusnya kita berlatih sampai sanggup membaca 3 baris sekali ayun mata.

Tes sudut derajat Anda dengan telapak tangan, lihat tepi-tepi garis tangan tetapi fokuskan di tengah telapak, kemudian dekatkan tangan dari mata. Jika pinggir telapak sudah tidak dalam titik sudut konstentrasi maka akan terlihat kabur.

Latihlah sudut pandang, sudut konsentrasi, dan pelebaran fokus sudut konsentrasi Anda dengan gerakan telapak tangan membentuk angka 8, baik vertikal, horizontal, dan depan-belakang. Mulailah belajar melihat dan membaca secara spatial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggapan anda?